Beranda » » Cara Install OpenWrt

Cara Install OpenWrt

Oleh Taufik Pay pada Monday, April 22, 2013 | 9:26 PM

Yang akan dibahas khusus untuk perangkat router dan proses flash/install pertama kali dilakukan dari firmware original ke OpenWrt, hanya bisa dilakukan dengan 1 cara, yaitu melalui web interface dari masing-masing router.

Berikut ini contoh web interface router TP-Link:



Perlu diingat, sebelum melakukan flash/install sebaiknya lakukan restore ke factory default untuk menghindari gagal setting dan juga gagal flash. Selain itu sebaiknya Anda menggunakan UPS agar proses flashing tidak berhenti sebelum selesai yang disebabkan listrik padam atau ketidaksengajaan.

Periksa dan pastikan dahulu versi dari hardware router Anda agar tidak salah memilih firmware OpenWrt.

Persiapkan Firmware OpenWrt yang bisa Anda download dari OpenWrt.org ataupun dari tempat lainnya. Firmware OpenWrt yang berasal dari OpenWrt.org belum memiliki web interface (Luci) namun dapat ditambahkan paket Luci nantinya. Pengaturan IP pada PC atau notebook secara otomatis.

Jika proses flash/install telah dimulai, tunggu beberapa menit (2 hingga 5 menit) dan jangan melakukan tindakan gegabah seperti buru-buru mematikan router atau hal-hal lain yang mengganggu proses flashing/instalasi OpenWrt pada router Anda. Namun apabila dalam jangka waktu 5 menit belum ada tanda ataupun indikator yang mengindikasikan proses flashing/install telah selesai dipastikan ada 2 kemungkinan yang terjadi, yaitu:
  • Gagal setting (lampu indikator power menyala, lampu indikator sys berkedip, tetapi lampu LAN & wifi padam)
  • Gagal flash/brick (hanya lampu indikator power saja yang menyala)
Apabila proses flashing selesai untuk mengakses router pertama kali gunakan IP 192.168.1.1 melalui web browser atau Putty.

0 comments:

Post a Comment